KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
Komputer merupakan alat bantu penyelesaian masalah di berbagai bidang misalnya: Pendidikan, Perbankan, Industri, Penerbangan, Kedokteran, Permainan, dll.
Pada dasarnya komputer tidak dapat berjalan tanpa adanya
instruksi-instruksi yang diberikan terhadap komputer tersebut.Serangkaian
instruksi-instruksi inilah yang kemudian disebut dengan program.
Pengertian
Program Dan Pemrograman Menurut Para ahli
Menurut Binanto (2009) kata program dan
pemrograman dapat diartikan
sebagai berikut:
1. Mendeskripsikan
instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source
code yang dibuat oleh programmer.
2. Mendeskripsikan suatu
keseluruhan bagian dari software yang executable.
3. Program merupakan himpunan
atau kumpulan instruksi tertulis yang dibuat
oleh programmer atau suatu bagian
executable dari suatu software.
4. Pemrograman berarti membuat
program komputer.
5. Pemrograman merupakan suatu
kumpulan urutan perintah ke komputer untuk
mengerjakan sesuatu.
Perintah-perintah ini membutuhkan suatu bahasa
tersendiri yang dapat dimengerti
oleh komputer.
Sedangkan
menurut Yulikuspartono (2009) mengemukakan bahwa,
“program merupakan sederetan
instruksi atau statement dalam bahasa yang
dimengerti oleh komputer yang
bersangkutan”.
Menurut
Shelly dan Vermaat (2012) program komputer adalah
sekumpulan perintah yang
memberitahukan komputer bagaimana mengerjakan
tugas-tugasnya.Programmer
komputer, terkadang disebut pengembang, menulis
dan memodifikasi komputer.Untuk
menciptakan sebuah program, pemrograman
biasanya menulis atau membuat
kode perintah-perintah dalam program dengan
menggunakan bahasa pemrograman.
Sumber:https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/2473/File_13-Bab-II-Landasan-Teori.pdf
Pengertian Umum Program Dan Pemrograman
Program merupakan runtunan atau
himpunan instruksi (perintah) yang ada pada komputer untuk menyelesaikan masalah.
Pemrograman merupakan
pengerjaan penulisan instruksi oleh programmer untuk menyelesaikan suatu
masalah.
Perbedaan Input Dan Ouput
Input
adalah perangkat untuk memasukkan perintah atau data yang akan diproses oleh
komputer. Sedangkan Output device merupakan komponen komputer yang berfungsi
menghasilkan data yang bisa dilihat, didengar, ataupun dipahami.
Sumber: https://www.jurnalponsel.com/pengertian-input-dan-output/
Contoh Input Dan Ouput
Langkah-langkah Membuat Program
Dalam membuat program, diperlukan
langkah-langkah yang harus dilalui.Namun, urutan langkah-langkah ini tidaklah
mutlak, artinya tidak harus dilakukan dari langkah pertama, kedua dan
seterusnya secara urut.bisa jadi, seseorang programmer terkadang harus
mengulang-ulang salah satu atau beberapa langkah dari serangkaian langkah
secara umum.
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam
menyusun program komputer adalah sebagai berikut:
1. Mengetahui persoalan yang akan
diselesaikan.
2. Menganalisa penyelesaian persoalan.
- Menentukan
peubah (variable) yang digunakan.
- Menentukan
teknik penyelesaiannya, misalnya dengan rumus
3. Membuat algoritma dan/atau
flowchart-nya.
4. Mengubah algoritma/flowchart
tersebut ke dalam bahasa pemrograman.
5. Menjalankan program dan
mengevaluasinya
Tahapan Penyelesaian Masalah
Sumber
Gambar:http://lingga-repeluone.blogspot.com/p/pemecahan-masalah.html
Pemrograman Website
Pemrograman website terbentuk atas 2 kata yaitu pemrograman dan
web dimana pemrograman sendiri adalah Proses atau Cara dalam menjalankan sebuah
urutan intruksi atau perintah yang diberikan kepada komputer untuk membuat
fungsi atau tugas tertentu. dan Web adalah Sistem untuk mengakses,
memanipulasi, dan mengunduh dokumen yang terdapat pada komputer yang di
hubungkan melalui internet atau jaringan.
Jadi
Pemrograman Website
adalah Proses atau Cara untuk menjalankan intruksi pada sebuah komputer yang
terhubung ke internet untuk membuat fungsi atau tugas tertentu.
Jenis-jenis Website:
Website Statis
Website Statis adalah web yang
konten atau isinya tidak di perbaharui dalam kurun waktu tertentu atau bisa di
bilang isisnya tidak berubah sama sekali seperti web profile suatu perusahaan
atau instansi pendidikan dll karena user disitu hanya dapat melihat saja dan
website statis cenderung tidak responsive karena saat ingin memperbaharui
webnya harus mengubah scriptnya secara langsung tidak dapat melalui CMS yang
ada.
Website Dinamis
Website dinamis adalah web yang
konten atau isinya sering kali di rubah karena user atau pengguna dapat
mengupdate informasi website secara langsung biasanya di gunakan untuk toko
online, web blog, jejaring sosial, dll. Pembuatan yang cukup lama di karenakan penggunaan
database yang di perlukan untuk menyimpan data-data tersebut.
Contoh Pemrograman Website
Cascading Style Sheet (CSS) merupakan salah satu bahasa
pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga
akan lebih terstruktur dan seragam. Sama halnya styles dalam aplikasi
pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style,
misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk
dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa file. Pada umumnya CSS dipakai
untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.
PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau
disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis.
PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.
Sumber: https://blog.unnes.ac.id/rachmatullah/2016/06/28/pengertian-html-css-php-mysql/
Pemrograman Dekstop
Pengertian Pemrograman Desktop
Pemograman Dekstop
adalah sebuah pemograman dimana sesorang membuat program yang berbasic
dekstop, misalnya anda membuka aplikasi yang ada di komputer anda kita
misalkan kita membuka aplikasi paint.
Pemograman Desktop adalah dimana
seseorang mengembangan sebuah program yang dapat dijalakan dengan komputer dan
file dari program tersebut dieksekusi dalam file system komputer itu
sendiri
Perbedaan antara Pemograman
Dekstop, Web, Mobile
Pertama sebenarnya
pemograman dekstop dan web adalah sama, hanya dalam media menjalankannya yang
berbeda, jika dalam pemograman dekstop aplikasi dapat dijalankan secara
langsung dengan komputer, namun jika pemograman web harus mengunakan browser
untuk mengesekusinya, biasanya pemograman web itu adalah aplikasi yang
dijalankan dengan online namun juga ada yang bisa kita jalankan dengan offline
,dengan cara mendownload data yang akan kite eksekusi di browser sendiri
Definisi perbedaan antara pemograman dekstop dan web
pemograman dekstop
bisa dijalankan offline maupun online ,program yang dijalankan dari file
komputer senditri contoh dari bahsa pemograman ini adalah : NET ,c# ,c++
<java
pemograman web ,biasanya
dijalankan aplikasi ini dengan menjalakan file system yang ada diserver dan
harus online misal tipe bahasa pemograman dari web adalah : html ,php,mysql
,css,dan lain lainya js juga bisa
Pemograman
Mobile
Mobile adalah sebuah media sperti handphone ,tab
dan lain lain ,dalam pemograman ini biasanya mementingkan dari segi tampilan
yaitu mobile ,jika dulu pemograman mobile dengan java phone ,symbian phone ,dan
sekarang menjadi android phone ,format dari aplikasi pemograman nya juga berbeda
beda, misal java mengunakan format jar , symbian dengan format zip ,dan android
sekarang ini dengan format apk.
Sumber: http://web-muchamadekisa.blogspot.com/2019/12/pengertian-pemrograman-desktop.html
Contoh Bahasa
Pemrograman Dekstop
JAVA, C++, VISUAL
BASIC
Perencanaan Sistem (Systems Planning)
Lebih menekankan pada aspek studi kelayakan pengembangan sistem
(feasibility study). Aktivitas-aktivitas yang ada meliputi :
·
Pembentukan dan konsolidasi tim pengembang.
·
Mendefinisikan tujuan dan ruang lingkup pengembangan.
·
Mengidentifikasi apakah masalah-masalah yang ada bisa diselesaikan
melalui pengembangan sistem.
Analisis Sistem (Systems Analysis)
Pada tahap ini, sistem akan dianalisis bagaimana akan dijalankan
nantinya. Hasil analisis berupa kelebihan dan kekurangan sistem, fungsi sistem,
hingga pembaharuan yang dapat diterapkan. Bagian ini termasuk dalam bagian
perencanaan. Bagian lain yang termasuk dalam perencanaan ialah alokasi sumber
daya, perencanaan kapasitas, penjadwalan proyek, estimasi biaya, dan penetapan.
Dengan demikian, hasil dari tahap perencanaan ialah rencana proyek, jadwal,
estimasi biaya, dan ketentuan. Idealnya manajer proyek dan pengembang dapat
bekerja maksimal pada tahap ini.
Analisa sistem adalah tahap di mana dilakukan beberapa aktivitas
berikut:
·
Melakukan studi literatur untuk menemukan suatu kasus yang bisa
ditangani oleh sistem.
·
Brainstorming dalam tim pengembang mengenai kasus mana yang paling tepat
dimodelkan dengan sistem.
·
Mengklasifikasikan masalah, peluang, dan solusi yang mungkin diterapkan
untuk kasus tersebut.
Perancangan Sistem (Systems Design)
Tahapan ini akan menghasilkan prototype dan beberapa output lain
meliputi dokumen berisi desain, pola, dan komponen yang diperlukan untuk
mewujudkan proyek tersebut. Setelah spesifikasi, kemudian dilakukan perancangan
sistem sebagai tahapan kelanjutannya.
Pada tahap ini, features dan operasi-operasi pada sistem dideskripsikan
secara detail. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan adalah:
·
Menganalisa interaksi obyek dan fungsi pada sistem.
·
Menganalisa data dan membuat skema database.
·
Merancang user interface.
Implementasi
Buatlah aplikasi berdasarkan rancangan yang telah
dibuatselain aplikasi,buatlah juga buku panduan penggunaan aplikasi agar mudah
saat melakukan training pada saat implementasi.
Testing
Menentukan apakah program berhasil dikompilasi
dengan baik?apakah program dapat menghasilkan keluaran yang diinginkan?Langkah
keempat dan kelima bisa dilakukan berulang-ulang sampai program diyakini
benar-benar sesuai dengan yang diharapkan.
Maintanance
Tahapan pemeliharaan sistem mencakup seluruh proses yang diperlukan untuk menjamin kelangsungan, kelancaran, dan penyempurnaan sistem yang telah dioperasikan.
Sumber:https://accounting.binus.ac.id/2020/05/19/memahami-system-development-life-cycle/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar